Latest Comments
No comments
Blog search

Pengertian dan Pejelasan Korosi

Posted on4 Years ago
Love0

Korosi merupakan penurunan kualitas logam akibat reaksi logam tersebut dengan berbagai zat di lingkungan. Perkaratan pada besi, pemudaran kilau pada permukaan perak, lapisan hijau pada permukaan tembaga, perunggu, dan kuningan adalah beberapa contoh korosi.

Berbagai logam mengalami korosi karena logam-logam tersebut mudah teroksidasi oleh udara sehingga terbentuk lapisan oksida, lapisan hidroksida, atau lapisan karbonat. Namun, pembentukan lapisan yang teroksidasi tidak selalu berbahaya. Alumunium membentuk lapisan Al2O3 yang kuat dan transparan yang melindungi logam dibawahnya dari pengaruh oksidasi lebih lanjut. Sebaliknya, besi membentuk lapisan oksida tipis yang berpori dab mudah hancur. Akibatnya, oksigen dan uap air akan terus mengoksidasi logam tersebut sampai seluruh besi hancur.

Karat adalah besi (III) Oksida yang mengandung air. Rumus molekulnya adalah Fe2O3.xH2O. Karat dapat muncul jika terdapat air dari oksigen. Perkaratan merupakan proses elektrokimia. Reaksi yang terjadi merupakan reaksi yang rumit dan tidak diketahui secara lengkap.

 

Related products
Leave a Comment
Leave a Reply
Please login to post a comment.

Menu

Create a free account to save loved items.

Sign in